bintang

Rabu, 01 Oktober 2014

Hadits tentang "ULIL AMRI"

Hadits shahih dalam hal ini adalah hadits dengan redaksi berikut:
عن حذيفة بن اليمان قال: (كان الناس يسألون رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الخير، وكنت أسأله عن الشر مخافة أن يدركني، فقلت: يا رسول الله! إنا كنا في جاهلية وشر، فجاءنا الله بهذا الخير، فهل بعد هذا الخير من شر؟!)، قال: «نعم»، قلت: (وهل بعد ذلك الشر من خير؟!)، قال: «نعم، وفيه دخن!»، قلت: (وما دخنه؟!)، قال: «قوم يهدون بغير هديي، تعرف منهم وتنكر»، قلت: (فهل بعد ذلك الخير من شر؟)، قال: «نعم، دعاة إلى أبواب جهنم، من أجابهم إليها قذفوه فيها!»، قلت: (يا رسول الله! صفهم لنا!)، فقال: «هم من جلدتنا ويتكلمون بألسنتنا!»، قلت: (فما تأمرني إن أدركني ذلك؟!)، قال: «تلزم جماعة المسلمين وإمامهم، [وإن ضرب ظهرك، وأخذ مالك]!»، قلت: (فإن لم يكن لهم جماعة ولا إمام؟!)، قال: «فاعتزل تلك الفرق كلها! ولو أن تعض بأصل شجرة حتى يدركك الموت وأنت على ذلك»).
“Dari sahabat Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu ‘anhu ia menuturkan: Dahulu orang-orang senantiasa bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, dan aku bertanya kepadanya tentang kejelekan karena khawatir akan menimpaku. Aku bertanya kepada beliau: Wahai Rasulullah, dahulu kami berada dalam jahiliyah dan kejelekan, kemudian Allah mendatangkan kebaikan ini (agama islam), maka apakah setelah kebaikan ini akan ada kejelekan?! Beliau menjawab: Ya. Aku pun bertanya kembali: Apakah setelah datangnya kejelekan tersebut akan ada kebaikan?! Beliau menjawab: Ya, dan padanya terdapat kekeruhan. Akupun bertanya: Apakah kekeruhannya tersebut? Beliau menjawab: Sekelompok orang yang mengamalkan petunjuk selain petunjukku, sehingga engkau dapatkan pada mereka amalan baik dan juga kemungkaran. Aku kembali bertanya: Apakah setelah kebaikan tersebut akan ada kejelekan? Beliau menjawab: Ya, para da’i (penyeru) kepada pintu-pintu Jahannam, barang siapa memenuhi seruan mereka niscaya akan mereka campakkan ke dalamnya!. Aku pun kembali bertanya: Ya Rasulullah, sebutkanlah kriteria mereka kepada kami. Beliau menjawab: Mereka itu dari bangsa kita, dan berbicara dengan bahasa kita. Aku pun kembali bertanya: Apakah yang engkau perintahkan kepadaku bila aku mengalami keadaan itu? Beliau bersabda: “Berpegang teguhlah engkau dengan jama’atul muslimin dan pemimpin (imam/khalifah) mereka [sekalipun ia memukul punggungmu dan mengambil hartamu]”. Aku pun bertanya: Seandainya kaum muslimin tidak memiliki jama’ah, juga tidak memiliki pemimpin (imam/khalifah)? Beliau pun menjawab: Tinggalkanlah seluruh kelompok-kelompok tersebut, walaupun engkau harus menggigit akar pohon, hingga datang ajalmu, dan engkau dalam keadaan demikian itu.” (Muttafaqun ‘Alaih)
(Dari kitab Taat Ulil Amri: Batasan-batasannya dan Syarat-syaratnya karya Syaikh Dr. Muhammad Al-Mas’ariy)

*Sedangkan, Hadits Yang Menjadi Dalil bagi Para -Salafi Maz'um- Yang Mewajibkan Taat kepada Ulil Amri ialah:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
«يكون بعدي أئمة: لا يهتدون بهداي، ولا يستنون بسنتي، وسيقوم فيهم رجال قلوبهم قلوب الشياطين في جثمان إنس!»، قال: قلت: (كيف أصنع يا رسول الله إن أدركت ذلك؟!)، قال: «تسمع وتطيع للأمير، وإن ضرب ظهرك، وأخذ مالك فاسمع وأطع».
“Akan ada setelahku nanti para pemimpin yang tidak menjalankan petunjukku dan tidak mengikuti sunnahku, dan akan ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang hatinya seperti hati setan di dalam tubuh manusia. Hudzaifah berkata: ‘Aku katakan: Apa yang harus kulakukan ya Rasulullah jika aku mengalami hal itu?’ beliau bersabda: ‘Engkau mendengar dan menta’ati kepada pemimpin, walaupun punggungmu dipukul dan hartamu diambil, dengar dan ta’atilah’.” (Riwayat Imam Muslim)
Namun ketahuilah! Bahwa hadits ini batil, tidak shahih. Dalam sanadnya ada inqitha’ (terputus) antara Abu Salam Mamthur Al-A’raj dengan Hudzaifah ibnul Yaman radhiyallahu ‘anhu. Matannya juga mungkar karena bertentangan dengan matan hadits dalam riwayat-riwayat yang shahih, seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan yang lain.
Zhahirnya, Abu Salam Mamthur Al-A’raj Al-Aswad adalah perawi yang tsiqah, namun ia banyak memursalkan hadits karena itu merupakan kebiasaan orang-orang Syam. Ia mendengar hadits tersebut dari sebagian dhu’afa (orang-orang lemah hafalannya) yang sebagian mereka hafalannya banyak salahnya, sebagian mereka meriwayatkannya hanya maknanya saja, dan memasukkan hadits-hadits lain dalam hadits ini. Sehingga tersusunlah matan yang mungkar ini.
Adapun apa yang disebutkan Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah bahwa sanadnya maushul dalam kitab Al-Ausath karya Ath-Thabrani pada dari jalur Umar bin Rasyid Al-Yamamiy, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Zaid bin Salam, dari bapaknya (yakni: Abu Salam Mamthur), dari kakekknya; demikian juga yang diriwayatkan As-Suyuthi dengan redaksi yang lebih lengkap daripada riwayat Ath-Thabrani dari riwayat Ibnu ‘Asakir, hadits tersebut tidak berfaidah apa-apa karena bapaknya Mamthur –kakekknya Salam- namanya tidak dikenal, demikian juga kondisinya. Maka ada tidaknya ia dalam isnad sama saja, tidak bermanfaat apa-apa!
Yang menjadi pertanyaan adalah: mengapa Al-Albani meninggalkan kebiasaannya dalam meneliti sanad-sanad hadits dengan cermat dan teliti ketika membahas hadits batil ini ?!
Jawabannya, wallahu A’lam, karena hadits tersebut menyebutkan ungkapan: “Akan ada setelahku nanti para pemimpin yang tidak menjalankan petunjukku dan tidak mengikuti sunnahku, dan akan ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang hatinya seperti hati setan di dalam tubuh manusia.” Yang diikuti dengan perintah untuk mendengar dan taat kepada mereka! Dari ungkapan ini dapat dipahami bahwa para pemimpin tersebut melakukan penyimpangan terhadap sunnah pada tingkatan yang paling mungkar dan para pejabat negara di sekelilingnya adalah syetan-syetan berbentuk manusia –yang sebenarnya mereka adalah orang-orang kafir karena syetan adalah kafir- namun meski demikian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menaati mereka !
Hati para ulama penguasa –semoga Allah menghinakan mereka- pasti menari-nari kegirangan seandainya hadits ini shahih. Kalau tidak shahih pun mereka akan memaksakan untuk menshahihkannya, meski dengan menipu atau mengaburkan pemahaman masyarakat!
Kami tegaskan bahwa hadits ini batil. Seandainya pun shahih –meski ini mustahil- hadits tidak memberikan faidah apa pun buat mereka karena ia tidak bisa dipahami dengan mutlak, tetapi ia dibatasi dengan nash-nash yang lain yang berkaitan dengan masalah ini, sebagaimana kami jelaskan secara rinci dalam kitab kami “Taat Ulil Amri” dan “Muhasabatul Hukkam” (Mengoreksi Penguasa). Mereka tidak akan bisa berkilah lagi kecuali dengan kekafiran yang nyata dan itu tidak aneh bagi mereka. Betapa banyak orang yang beriman kepada sebagian Al-Qur’an dan kafir kepada sebagian Al-Qur’an !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar